Search

Satu Kilogram Garam Lokal Hanya Laku Rp 200 - BeritaSatu

Rembang, Beritasatu.com - Para petani garam di Kabupaten Rembang mengeluhkan anjloknya harga garam lokal akibat masuknya garam impor. Harga garam rakyat kini anjlok di titik terendah, dimana satu kilogram hanya laku Rp 200.

"Garam yang kita produksi di tambak, jarang laku di pasaran. Kalah sama impor," kata Pupon, seorang petani garam di Rembang, Jumat (31/1/2020).

Dia mengeluhkan sikap pemerintah yang mengabaikan nasib petani. Jumlah garam impor meningkat di pasaran, sehingga garam rakyat yang ada saat ini tak laku dijual.

"Harganya anjlok. Sekarang garam kita turun harganya. Apalagi produksinya melimpah saat kemarau kemarin, tapi di pasaran yang diserap cuma garam impor. Maka sekarang harganya cuma Rp 200 per kilogram," keluhnya.

Pupon mengaku, hanya bisa memasok kebutuhan pelanggannya dari pasar-pasar di Jakarta dan wilayah Jateng. Ia berharap pemerintah pusat segera bersikap untuk memperbaiki nasib petani garam rakyat seperti dirinya, dengan menaikkan harga garam rakyat dan mengurangi impor garam.

"Kalau dengan kondisi saat ini kita gak bisa ngomong apa-apa lagi. Hasil yang kita dapatkan jeblok semua. Kita cuma berharap sebisa mungkin di pasaran harga garam kita dinaikin sedikit, impornya dikurangi. Biar garam rakyat laku," ungkapnya.

Sementara itu, di tempat terpisah, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Jateng, Fendiawan Tiskiantoro, mengatakan, saat ini sebagian garam rakyat sudah bisa diserap oleh sektor industri.

"Kita dapat info di Brebes dan Pati garam kita sudah masuk kualifikasi industri. Kita upayakan fasilitas agar tambak garam rakyat dapat memenuhi syarat serapan garam industri," ujarnya.

Di Jateng, jumlah produksi garam rakyat mencapai 736.000 ton selama 2019. Pihaknya sudah berusaha memperkuat kerja sama dengan Disperindag untuk menjual garam rakyat. Tetapi kebutuhannya saat ini baru bisa terserap 300.000 ton.

"Kalau mau diserap lagi, ya kita harus ada kerja sama dengan instansi lainnya," kata Fendi.

Let's block ads! (Why?)



"laku" - Google Berita
January 31, 2020 at 07:55PM
https://ift.tt/2vDTSag

Satu Kilogram Garam Lokal Hanya Laku Rp 200 - BeritaSatu
"laku" - Google Berita
https://ift.tt/2ukU4ux
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Satu Kilogram Garam Lokal Hanya Laku Rp 200 - BeritaSatu"

Post a Comment

Powered by Blogger.