Search

Alasan Mengapa Wangi Parfum dapat Mengingatkan Sebuah Kenangan

Indra penciuman terkait erat dengan ingatan, dibandingkan dengan indra lain pada tubuh. (Foto Ilustrasi: Guilherme Stecanella/Unsplash.com)

Jakarta: Otak seseorang akan membuat banyak koneksi di antara memori-memori yang dimiliki. Koneksi antara seluruh aspek dari pengalaman yang dianggap penting khususnya, akan semakin kuat.

Tak hanya pemandangan, musik, atau suara yang dapat mengingatkan Anda kepada sesuatu, tetapi juga wewangian yang membuat Anda terkenang pada kejadian atau sebuah kenangan.

Mantan Fisikawan, Ed Caruthers, mengatakan bahwa bau atau lagu, dan banyak hal lainnya dapat memicu ingatan spesifik terbaik, jika aroma itu hanya dikaitkan dengan sejumlah kecil ingatan.

Setelah mendeteksi bau, sel-sel penciuman di bagian atas hidung menghasilkan impuls yang dialirkan ke otak di sepanjang saraf penciuman. Bagian otak yang pertama kali muncul ini disebut olfactory bulb. Tugasnya memproses sinyal dan kemudian meneruskan informasi tentang penciuman ke area lain yang terhubung erat dengannya. Proses ini dikenal sebagai sistem limbik.

Baca juga: Camilan Rendah Kalori yang Patut Dicoba

Sistem limbik terdiri dari seperangkat struktur di dalam otak. Sistem ini dianggap oleh para ilmuwan sebagai pemeran utama dalam mengendalikan suasana hati, memori, perilaku, dan emosi.

Dikutip dari Fifthsense, indra penciuman terkait erat dengan ingatan, dibandingkan dengan indra lain pada tubuh. Orang-orang yang memiliki kemampuan indera penciuman yang baik dapat memikirkan bau yang membangkitkan ingatan tertentu. Misalnya aroma kebun bunga yang mekar dapat membangkitkan kenangan pada saat piknik semasa kecil.

Pada tingkat yang lebih personal, bau sangat penting dalam hal ketertarikan antara dua orang. Penelitian telah menunjukkan bahwa bau badan yang dihasilkan oleh gen, yang membentuk sistem kekebalan tubuh Anda secara tidak sadar dapat membantu Anda memilih pasangan.

(FIR)

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2sXg2zx

January 31, 2019 at 10:52AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Alasan Mengapa Wangi Parfum dapat Mengingatkan Sebuah Kenangan"

Post a Comment

Powered by Blogger.