Search

Mabar Game di Kantor Bisa Tingkatkan Produktivitas?

Jakarta: Game sering dianggap sebagai gangguan bagi pekerja kantor. Namun, riset terbaru yang dilakukan oleh profesor sistem informasi Brigham Young University, Amerika Serikat, justru menghasilkan kesimpulan sebaliknya.

Dikutip dari The Inquirer, riset Brigham Young University menemukan bahwa hanya dengan bermain game bersama atau mabar (main bareng) selama 45 menit, produktivitas pegawai dapat meningkat hingga 20 persen.

"Kami agak terkejut melihat dengan waktu bermain yang demikian singkat ternyata memiliki efek yang cukup signifikan," ungkap ketua tim penelitian ini, Greg Anderson. "Selama ini, banyak perusahaan yang menghabiskan biaya besar untuk menciptakan kegiatan dengan tujuan mengakrabkan pegawai, padahal menurut saya cukup sediakan saja Xbox." 

Dalam riset tersebut disebutkan bahwa game yang membuat para pemainnya bermain sebagai tim seperti PUBG, Fornite, atau Halo 4 dan sejenisnya memiliki efek positif yang sama.

Tim peneliti Brigham Young University melakukan riset dengan mengumpulkan 352 orang secara acak. Para peserta dikumpulkan dan dibagi menjadi 80 tim yang tidak mengenal satu sama lain. Kemudian, mereka diberi tugas berupa permainan teka-teki Findamine berbasis teks petunjuk untuk menemukan sebuah lokasi. 

Setelah ronde pertama permainan tersebut, secara acak, tim diminta untuk memilih kegiatan selanjutnya. Ada tiga opsi yang diberikan, yaitu bermain game, mengerjakan tugas masing-masing, dan melakukan tugas yang berorientasi pada hasil.

Selanjutnya, para responden diminta untuk kembali bermain Findamine. Hasil dari ronde kedua itu menunjukkan bahwa skor kolaborasi dan produktivitas dari tim video game justru lebih tinggi dari tim yang melakukan tugas berorientasi hasil.

"Melihat hal ini, video game atau bermain game bisa dilihat sebagai salah satu alternatif dalam kegiatan team building," ungkap perwakilan tim peneliti, Mark Keith. Tim yang terdiri dari individu yang tidak saling kenal ini terbukti mampu membentuk tim yang kolaboratif dan produktif.

Namun, tim peneliti memberikan catatan bahwa tim dalam riset ini berisi orang-orang yang tidak saling mengenal sebelumnya dan tidak mengetahui riwayat atau latar belakang anggota lainnya.

Hasilnya akan mungkin berbeda dengan pegawai kantor yang sudah saling mengenal lama. Game dengan mode tim sangat dianjurkan karena mengasah kemampuan tim untuk berkolaborasi dan bertanggung jawab atas peran masing-masing.

(ELL)

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2DJs1qO

January 31, 2019 at 11:43AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mabar Game di Kantor Bisa Tingkatkan Produktivitas?"

Post a Comment

Powered by Blogger.