Search

Harganya Selangit, Ini Alasan Tuna Sirip Biru Laku Miliaran Rupiah - IDN Times Sulsel

Sebagian bahan makanan dijual dengan harga fantastis. Sebut saja ikan tuna sirip biru atau bluefin tuna yang bisa laku dijual miliaran rupiah. 

Tuna sirip biru berhabitat di Samudea Atlantik Barat dan Timur, namun banyak dipasarkan dan dikonsumsi oleh masyarakat Jepang. Ikan tuna sirip biru dapat mencapai beban melebihi 450 kilogram, dan jadi pesaing marlin hitam, marlin biru, dan ikan todak sebagai ikan perciformes terbesar.

Mengapa ikan tuna sirip biru bisa mahal sekali? Ini alasannya seperti dilansir laman Mashed.

Baca Juga: 10 Makanan Enak Khas Indonesia dengan Nama Super Aneh, Sudah Coba?

1. Stok menipis meski masih banyak dicari

Harganya Selangit, Ini Alasan Tuna Sirip Biru Laku Miliaran Rupiahmashed.com

Ikan tuna sirip biru banyak dicari karena rasa dagingnya istimewa, dengan lemak yang tinggi. Tapi sebaliknya, populasi ikan ini perlahan mulai berkurang karena terlalu banyak ditangkap.

Ikan tuna sirip biru juga mulai sulit didapat karena tidak bisa hidup di penangkaran. Jepang sebagai negara konsumen terbesar ikan ini sudah mendapat kritik keras dari dunia internasional karena dianggap melakukan penangkapan yang berlebihan.

2. Dagingnya termasuk yang berkualitas terbaik

Harganya Selangit, Ini Alasan Tuna Sirip Biru Laku Miliaran Rupiahmashed.com

Selain dapat tumbuh besar hingga mencapai berat ratusan kilogram, tuna sirip biru dikenal sebagai jenis ikan dengan kualitas yang amat baik. 

Pada seekor tuna sirip biru dewasa dengan berat 204 kilogram, terdapat kandungan lemak yang tinggi. Rasanya juga seimbang saat mencapai umur ideal. Karena inilah tuna sirip biru kerap diolah menjadi sushi di restoran-restoran papan atas.

3. Sempat mencetak rekor laku Rp43 miliar

Harganya Selangit, Ini Alasan Tuna Sirip Biru Laku Miliaran Rupiahabc.net.au

Pada Januari 2019, tuna sirip biru sempat mencetak rekor sebagai tuna termahal di dunia. Seekor tuna sirip biru dibeli seharga 333,6 juta Yen atau setara Rp43,8 miliar.

Tuna seberat 278 kilogram itu dibeli oleh Kiyoshi Kimura, pemilik franchise restoran sushi Sushizanmai. Kiyoshi membeli tuna sirip biru tersebut pada acara lelang di pasar ikan Tokyo.

Tuna sirip biru tersebut ditangkap di perairan utara Jepang, tepatnya di Prefektur Aomori. Rekor ini memecahkan rekor pada 2013, di mana tuna sirip biru laku dengan harga sekitar Rp25 miliar.

Itulah beberapa alasan kenapa tuna sirip biru sangat mahal. Konsumsi ikan ini masih terus jadi kontroversi tersendiri karena merusak habitat dan membuatnya terancam punah. Kalau kamu sendiri masih mau makan gak, nih?

Baca Juga: Alasan Kenapa Daging Wagyu Mahal, Seberapa Sering Kamu Mengonsumsinya?

Let's block ads! (Why?)



"laku" - Google Berita
February 26, 2020 at 02:15PM
https://ift.tt/383rI5U

Harganya Selangit, Ini Alasan Tuna Sirip Biru Laku Miliaran Rupiah - IDN Times Sulsel
"laku" - Google Berita
https://ift.tt/2ukU4ux
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Harganya Selangit, Ini Alasan Tuna Sirip Biru Laku Miliaran Rupiah - IDN Times Sulsel"

Post a Comment

Powered by Blogger.